2GB dalam kaset CD...??





Nasib deeh,,,baru bangun pagi trus mo mandi,,eehh airnya malah mati. Daripada bengong sendirian mending buat sesuatu yang bermanfaat sambil nunggu air penuh pastinya. Oke,,kali ini saya akan membahas bagimana caranya memburning file 2GB kedalam kaset CD yang kapasitasnya max 700 MB. Penasaran kan,,trik ini sangat berguna sekali bagi para mahasiswa IT yang pastinya harus banyak berhemat. Langsung saja yaa baca tutorialnya :


  1. Untuk menjalankan trik ini, anda harus melakukan sebuah cara kuno dengan memilih dan memecah file menjadi beberapa bagian folder. Kumpulkan file/folder dan dalam 1 foder itu kapasitas file tidak boleh lebih dari 700 Mb. Jadi seandainya kitapuntya file yang ukurannya 2Gb, maka harus dibagi menjadi 3 folder. Selanjutnya burning file kedalam CD menggunakan CD-RW secara bergantian, dan yang penting anda harus ingat struktur file yang dipecah tadi supaya kalau mau di copy ke komputer lain filenya bisa dijalankan kalalu sendainya itu adalah file master program.


     Terus gimana kalau ada 1 file yang ukurannya lebih dari 700 Mb..???
  2. Jika ini terjadi maka anda harus menginstall aplikasi 7zip ke PC, jika anda belum punya silakan download disini, saya anggap anda sudah tahu caranya. Selanjutnya buka folder yang ingin filenya dipecah.
  3. Klik kanan file tersebut pilih 7zip dan lanjutkan dengan memilih add to archive pada bagian sub menu
  4. Lalu arahkan mouse ke bawah dan pada bagian Split to Volumes pilih 700 mb Cd. Lalu lakukan proses kompres dengan menekan tombol OK.
  5. Tunggu sampai selesai, anda akan melihat beberapa file hasil dari 7zip, kembali lagi ke pokok bahasan burning file yang berkapasitas 700 Mb itu ke beberapa CD.
Jika ingin mengekstrak file tadi ke komputer lain maka ikuti petunjuk dibawah ini:
  • Sama seperti yang tadi, install 7zip
  • copy semuafile dari beberapa keping CD ke dalam folder yang sama
  • lalu ekstrak file tersebut.
Selesai lah tugas anda, jika ingin mengcopy dan mengekstrak file ke folder yang anda tentukan, yang patut diingat adalah tempatkan file pada foder aslinya, jika anda meletakkannya pada folder yag berbeda maka anda tidak akan bisa mengekstrak file tersebut.

Selamat bereksperimen :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar