Pasang Recycle Bin di Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu alat yang wajib dimiliki oleh stiap orang, terutama yang bergelut di dunia IT, Sering sekali kita menyimpan hal-hal penting di dalam Flashdisk agar mudah untuk dibawa kemana-mana. Bukan tidak mungkin kadang saat kita terburu-buru untuk memasukkan data baru ke flashdisk, kita langsung menghapus data yang ada di flashdisk dan tanpa kita sadari ternyata itu adalah data yang sangat penting buat kita. Jika sudah terlanjur seperti itu akan sangat merepotkan sekali jika kita harus merecovery file tersebut. Salah satu solusinya adalah software kecil dan portabel bernama iBin karya Augusto Croppo. Silakan unduh berkas executable iBin yang bersifat freeware ini di alamat www.autohotkey.net. Berikut ini cara penggunaannya:
  1. Ekstrak dahulu berkas hasil unduhan, lalu pindahkan berkas executable iBin ke dalam media simpan portabel (misalnya USB flashdisk).
  2. Hubungkan media simpan portabel ke komputer.
  3. Jalankan berkas executable iBin dalam media simpan portabel dengan klik beruntun. Ibin akan berjalan pada mode background.
  4. Kita atur beberapa konfigurasi iBin dengan klik kanan pada ikon iBin di taskbar Windows, lalu pilih Cutom Options.
  5. Pada kotak dialog iBin Custom Oprions kita dapat mengatur kapasitas tampungan sementara di bagian Space Limit (berdasarkan sisa ruang kosong dalam media simpan portabel), serta mengaktifkan iBin secara otomatis ketika media simpan portabel dihubungkan ke komputer dengan klik tombol Set a Start up command in Autorun.inf. Klik tombol Save untuk menerapkan konfigurasi.
  6. Untuk mengembalikan berkas data yang terhapus, klik kanan ikon iBin di taskbar Windows lalu pilih Dumping Management. Sorot berkas yang akan dikembalikan, lalu klik tombol Recycle Data Selected.
  7. Cobalah melakukan eksplorasi lebih jauh dengan membaca berkas iBin User Guide yang disertakan dalam format PDF.

1 komentar:

  1. mantab kang,,,
    numpang promo yah newyus.blogspot.com
    livegoodyus.blogspot.com

    BalasHapus