System Engineer Berumur 9 Tahun


Dunia Teknologi sekali lagi dikejutkan dengan adanya seorang anak ajaib, kenapa disebut sebagai anak ajaib? Karena dia, Marko Calasan adalah seorang anak perempuan yang masih berumur 9 tahun tapi sudah menjadi seorang System Engineer dan telah mendapatkan sertifikat dari Microsoft sebulan yang lalu. Tidak lama sebelum itu, yaitu ketika Marko masih berumur 6 tahun dia sudah menjadi System Administrator untuk sebuah yayasan nonprofit yang bergerak di bidang sosial dan mengkhusukan untuk membantu para orang-orang yang cacat. Pada Cnet melalui E-mail, Marko berkata " Mereka senang mepunyai System Administrator yang sangat bagus".

Marko tidaklah seperti seorang yang mempunyai hobi menghabiskan seluruh waktunya di depan komputer, melainkan dalam sehari dia hanya menghabiskan waktu sekitar 4 jam saja utuk berada di depan komputer. Selain itu dia juga seorang guru yang mengajar dasar-dasar komputer pada anak yang berusia 8 sampai dengan 11 tahun. Dengan peralatan yang ada di lab miliknya yang berada di sebuah sekolah dasar. Walaupun dia masih seorang anak-anak tapi sudah mendapat izin dari pemerintah setempat untuk tidak pergi ke sekolah setiap hari hanya untuk proyeknya dengan komputer. Tapi walaupun mendapat izin tersebut marko sendiri hanya izin beberapa kali saja dari sekolah dalam sebulan.

Saat ini Marko sementara membangun suatu proyek yang berkaitan dengan jaringan. Anak yang juga tidak hobi sama sekali dalam memainkan game ini tengah mencari cara bagaimana caranya mengirim sinyal televisi berdefinisi tinggi melalui jaringan yang lambat. Untuk proyeknya ini, sebuah perusahaan telekomunikasi Macedonia mengizinkan Marko mengakses jaringan mereka. Marko berharap sudah bisa mendemonstrasikan proyeknya ini pada pameran CeBit akhir tahun ini di Hannover, Jerman.

Sungguh suatu hal yang sangat perlu kita acungi jempol bukan hanya kepada Marko tetapi juga bagi pemerintahannya yang selalu mendukung dia dalam melakukan proyeknya. Andai saja pemerintah di negara kita mau membiayai orang-orang seperti ini, saya rasa akan bayak sekali anak yang berbakat di negara kita ini untuk bisa menyalurkan setiap bakat yang mereka punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar